Luar Biasa Robot ini Selesaikan Rubik Hanya dalam Waktu 0,887 Detik

Beberapa waktu yang lalu, duet Jay Flatland dan Paul Rose menciptakan sebuah robot yang mampu menyelesaikan teka-teki rubik dalam waktu 0,900 detik. Robot itupun mampu mencatatkan sebagai robot tercepat yang berhasil menyelesaikan rubik dengan waktu kurang dari 1 detik.

Luar Biasa Robot ini Selesaikan Rubik Hanya dalam Waktu 0,887 Detik

Tetapi rekor dari robot buatan duet Flatland dan Rose ini bakal terlewati dalam waktu tang dekat. Sebuah robot bernama Sub1 ini mempunyai kemampuan yang menyaingi robot ciptaan Flatland dan Rose. Dalam sebuah video di YouTube diperlihatkannya bagaimana robot ini mampu untuk menyelesaikan rubik dalam waktu hanya 0,887 detik.


Robot ini dibuat oleh seorang insinyur yang bernama Adam Beer. Belum ada pengakuan secara resmi dari Guinness World Record terhadap pencapaian yang sudah dilakukan oleh robot Sub1 ini. Wlaupun begitu, Beer yakin kalau robot buatannya tersebut akan dapat memperoleh gelar rekor menyelesaikan rubik tercepat di dunia.

Robot buatan Beer ini mempunyai penampilan yang cukup menarik. Robot ini berbentuk seperti bola dan mempunyai ruang di tengah-tengah untuk tempat rubik. Selain itu, cara kerja robot ini juga lebih sederhana. Tinggal menekan tombol, maka robot akan secara otomatis bekerja menyelesaikan rubik sesuai dengan warnanya.

Rekor penyelesaian rubik ini memang menjadi hal yang menarik bagi para pencipta robot. Tak hanya itu, manusia juga mempunyai rekor tersendiri dalam menyelesaikan rubik. Tapi jika dibandingkan dengan rekor yang satu ini, tampaknya rekor penyelesaian rubikyang dilakukan oleh manusia tertinggal jauh.

Sebagai informasi saja, rekor dunia penyelesaian rubik oleh manusia dipegang oleh Lucas Etter dari Maryland dari Amerika Serikat. Ingin tahu berapa pencapaian waktunya? 4,9 detik, lima kali lipat lebih dibandingkan dengan rekor robot yang satu ini.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Luar Biasa Robot ini Selesaikan Rubik Hanya dalam Waktu 0,887 Detik"

  1. Waw kerjanya gimana ya kalau menyelesaikan rubik dengan waktu yang terbilang sangat cepat itu.?

    ReplyDelete
  2. Cerdas sekali yang bikin robot khusus rubik ya? Semoga robot hanya sebatas robot dan tidak menggantikan pekerjaan manusia

    ReplyDelete
  3. greget banget vidio nya
    sungguh profesional pembuat robot tsb

    ReplyDelete
  4. lebih cepet klo the flash yang mainin itu,hehe

    ReplyDelete
  5. Walaupun seperti itu, tapi tetap saja manusia yang hebat daripada robaot. toh robot tu yang buat manusia juga. (h) :) :>)

    ReplyDelete