Microsoft Perkenalkan Holoportation untuk Melihat Lawan Bicara Secara 3D

Sementara sekarang ini teleportasi masih menjadi suatu hal dalam ranah fiksi ilmiah, Microsoft telah memperkenalkan “holoportation”. Ini adalah 3D real-time hologram dari seseorang yang berada di dunia yang jauh, tapi masih berinteraksi dengan Anda seperti berada di depan Anda.

Microsoft Perkenalkan Holoportation untuk Melihat Lawan Bicara Secara 3D
Sumber : Microsoft Research

Ini adalah proyek baru yang baru-baru ini diungkapkan oleh tim Microsoft Research’s Interactive 3D Technologies, dan memakai HoloLens, sebuah headset augmented reality milik perusahaan. Ini juga memiliki pengaturan khusus kamera rig untuk memungkinkan Anda melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan hologram secara real-time dari “partisipan” di dunia 3D. Maka teknologi ini, seolah-olah mereka benar-benar di ruangan yang sama dengan Anda.

Jika dilihat, teknologi ini sama seperti teknologi yang ada di film laga Star Wars, dimana orang-orang saling berinteraksi menggunakan hologram 3D seakan-akan lawan bicara berada di depan kita secara real-time, meski berjarak antar planet sekalipun.

Microsoft Perkenalkan Holoportation untuk Melihat Lawan Bicara Secara 3D
Sumber : Microsoft Research

Microsoft belum mengungkapkan secara detail apa yang diperlukan untuk rig kamera, namun sudah mampu menangkap bagaimana seseorang bergerak pada lingkungan mereka. Hal ini memungkinkan pengguna HoloLens melihat augmented real-time yang menangkap diri mereka pada lingkungan mereka sendiri.

Tentu saja, teknologi itu tidak akan memberikan rasa akan aroma atau sentuhan fisik pada lawan bicara, dan karena itu menggunakan teknologi HoloLens saat ini, hologram dari orang lain dapat muncul di tengah pandangan Anda. Itu berarti mungkin terlihat seperti mereka mengambang atau berdiri di dalam sofa atau di atas meja.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Microsoft Perkenalkan Holoportation untuk Melihat Lawan Bicara Secara 3D"

  1. Wah emang makin kesini makin pada canggih ya teknologinya.

    ReplyDelete